Aneka Jajanan Pasar (sumber foto: wiratech)

Jajan pasar merupakan makanan ringan yang dapat dengan mudah kita jumpai di pasaran. Jajanan pasar ini, memiliki beragam variasi dari yang manis, asin hingga pedas. Biasanya jajanan pasar bisa menjadi teman minum teh dan teman minum kopi. Selain itu, panganan ini tak pernah ketinggalan hadir sebagai jamuan di berbagai acara. 

Untuk kamu yang akan menggelar acara, baik formal maupun informal. Jajanan pasar bisa menjadi pilihan tepat untuk jamuan tamu, selain harganya yang cenderung murah, variasinya pun sangat beragam. Kalau kamu bingung dengan banyaknya variasi jajanan pasar, berikut adalah rekomendasi jajanan pasar yang bisa kamu pilih.

1.Lemper

Panganan tradisional yang terbuat dari beras ketan ini, berisi suwiran daging ayam atau biasanya menggunakan abon. Isinya bisa bercita rasa asin saja dan ada juga yang ditambahkan rasa pedas. Dibungkus dengan daun pisang, panganan ini bisa dikonsumsi untuk mengganjal perut sebelum jamuan menu utama.

2. Semar Mendem

Bentuknya mirip seperti lemper tapi tidak dibalut dengan daun pisang melainkan dibalut dengan kulit tipis yang terbuat dari tepung terigu. Sama seperti lemper berbahan dasar beras ketan dengan isian suwiran ayam.

3. Klepon

Berbentuk bulat dengan berbahan dasar ketan dan berciri khas warna hijau. Berisi gula merah dengan taburan parutan kelapa di luarnya. Tekstur kenyal dengan campuran rasa asin dan manis.

4. Kue Lapis Legit

Seperti namanya, Legit, begitu juga tekstur dari kue ini. Jajanan pasar yang memiliki aroma khas bercita rasa gurih dan manis. Dalam membuat kue lapis legit dibutuhkan ketelitian, terdiri dari tiga lapis dengan cara pembuatan dari masing-masing lapisan yang berbeda.

5. Kue Lumpur

Jangan sangka makanan yang satu ini terbuat dari lumpur ya, disebut lumpur karena teksturnya yang licin dan lembut seperti lumpur. Kue ini terbuat dari santan, tepung terigu dan dicampur dengan kentang. Kue ini memiliki aroma khas vanila dan rasa yang manis.

6. Apem

Kalau jajanan pasar yang satu ini merupakan kue khas Arab. Meskipun panganan ini khas Arab, tetapi cukup mudah ditemukan di pasaran. Bentuknya seperti mangkuk kecil dengan tekstur yang lembut terbuat dari campuran tepung beras dan santan.

7. Risoles Ragout

Risoles ragout berbeda dengan risol yang biasa dijual oleh tukang gorengan. Risoles ini bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Isianya dapat berupa ayam dengan campuran sayuran.

8. Kue Putri Noong

Berasal dari Jawa Barat, kue ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan campuran tepung dan singkong kemudian di kukus dan ditabur oleh parutan kelapa. Putri noong biasanya dibuat dengan beraneka warna sehingga mempercantik tampilan.

9. Misro

Masih dari panganan khas Jawa Barat, misro singkatan dari amis di jero (manis di dalam). Campuran tepung dan singkong berisi gula merah kemudian digoreng sehingga garing di luar dan lembut di dalam.

10. Combro

Nah yang satu ini kebalikan jadi misro, jika misro bercita rasa manis kalau combro singkatan dari oncom di jero (oncom di dalam). Bahan dasarnya sama seperti misro tetapi dengan isian oncom pedas.

11. Lumpia

Jajanan pasar khas Semarang ini, kulit dari tepung gandum atau terigu yang dibuat tipis kemudian diisi oleh rebung, sayuran, daging cincang atau makanan laut kemudian di goreng hingga krispi. Biasanya disajikan dengan cocolan saus dan cabai.

Nah rekomendasi makanan di atas bisa jadi pilihan jika kalian mau mengadakan acara dan bingung dengan makanan ringan apa harus menjamu tamu. Variasi jajanan pasar Indonesia memang sangat beragam dengan rasa yang nikmat dan unik. Tapi, kalau kamu masih bingung juga bagaimana cara memilih kombinasi yang pas. Kamu bisa pakai tips ini.

Tipsnya adalah jika kamu akan menyajikan sekitar 3 sampai 5 jenis jajanan pasar, kombinasikan rasanya. Jangan seluruh variasi jajanan pasar memiliki rasa yang sama. Misalnya, manis semua, pedas semua atau asin semua. Kombinasikan lah ketiga rasa itu, contohnya jika kamu akan menghidangkan 5 jenis jajanan pasar bisa memilih combro bercita rasa asin pedas, risol ragout bercita rasa asin dan bertekstur lembut, lemper bercita rasa asin, klepon bercita rasa manis dan kue lapis legit bercita rasa manis dengan aroma vanila yang khas serta. Sehingga jadilah kombinasi menu jajanan pasar yang pas.