Percaya gak dengan ungkapan there’s always a place for dessert  selalu ada tempat untuk hidangan penutup bahkan ketika kamu sudah sangat kenyang. Dessert atau makanan manis dalam tradisi Barat biasanya dikonsumsi sebagai hidangan penutup. 

Kenapa ya makanan manis selalu disantap di bagian terakhir? Jadi mengutip dari Business Insider, sebenarnya ini adalah keinginan kita sendiri yang distimulasi oleh otak untuk menyantap kalori sebanyak mungkin. Jadi, setelah menyantap hidangan pembuka dan hidangan utama, kita selalu merasa kurang puas. Rasa manis dari hidangan penutup memiliki rasa yang menghasilkan kepuasan tersendiri ketika dikonsumsi.

Tapi, jika ingin menyantap kudapan manis tidak selalu harus menjadi hidangan penutup loh. Kamu juga bisa menyajikan untuk makanan kecil atau snack saat mengadakan acara. Banyak pilihan dessert yang bisa kamu pilih sebagai jamuan tamu di acara mu. Nah, berikut ada rekomendasi dessert nikmat ala Eropa yang bisa kamu pilih.

  1. Churro
brown bread on white paper

sumber: unplash/@rolandepg

Kudapan asal Spanyol dan Portugal sempat viral beberapa waktu lalu di sosial media ini bisa kamu pilih. Bentuknya yang sederhana membuat mudah untuk disantap dan proses pembuatan yang digoreng seperti donat memberikan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Churro yang paling sederhana biasanya hanya diberi taburan gula pasir dan bubuk kayu manis. Tapi kini churro sudah banyak dikreasikan dengan cocolan coklat, keju dan rasa lainnya.

2. Macaroon

yellow, pink, brown, and green macaroons

sumber: unplash/holly_buildalifeyoulove

Kudapan manis asal Italia ini terbuat dari bahan dasar tepung almond. Bentuknya yang imut dan berwarna-warni membuat macaroon terlihat semakin menarik. Dua keping biskuit yang ditumpuk dan di tengahnya dapat diberikan selai dengan berbagai rasa seperti coklat, vanilla, tiramisu, bahkan selai asam seperti selai rasa buah- buahan. Cocok banget nih kalau kamu lagi cari makanan manis sekali gigit.

3. Cinnamon Rolls

tray of cupc

sumber: unplash/@sergich

Cinnamon rolls juga akhir- akhir ini sedang populer di Indonesia. Hidangan roti yang digulung dengan tambahan bubuk kayu manis ini berasal dari Swedia, di negara asalnya cinnamon rolls sangat mudah untuk dijumpai, karena dijual di hampir seluruh cafe dan restoran. Teksturnya lembut dan memiliki rasa kayu manis yang kuat, biasanya juga ditabur dengan gula halus. Namun, sudah banyak dikreasikan dengan siraman vla berbagai rasa mulai dari coklat, vanilla hingga matcha.

4. Gelato

Ice Cream.

sumber: twitter.com/foodporn

Makanan manis yang satu ini juga sudah gak asing di lidah masyarakat Indonesia. Apa sih bedanya gelato dengan ice cream? Dari segi tekstur gelato memiliki tekstur yang lebih sticky atau lengket dibandingkan ice cream. Selain itu, gelato mengandung lebih banyak susu dibandingkan krim dan biasanya tidak mengandung kuning telur. Sedangkan ice cream adalah kebalikannya. Gelato juga sudah banyak dikreasikan dengan berbagai varian rasa, mulai dari yang manis seperti vanilla, cookie and cream, red velvet, rasa asam buah-buahan. Dan bahkan di salah satu toko gelato di kawasan Kota Tua Jakarta, menyediakan gelato dengan rasa unik seperti rasa kecombrang, rasa martabak bahkan ada rasa kemangi. Wah unik banget ya.

5. Creme Brulee 

Creme Brulee - Easy Make-Ahead Dessert Made With or Without a Torch

sumber: fifteenspatulas.com

Hidangan manis asal Prancis yang juga dikenal dengan sebutan krim panggang. Creme brulee sendiri terbuat dari puding susu tebal yang pada bagian atasnya dibakar sehingga menghasilkan warna kecoklatan karamel. Cocok banget buat kamu yang benar-benar suka dengan rasa manis. Karena dessert yang satu ini rasanya manis banget.

6. Tiramisu

The original tiramisu recipe: classic version | Alitalia Discover Italy

Sumber: discoveritaly.alitalia.com

Wah kalau yang satu ini sih gak asing sama sekali ya. Rasa tiramisu sudah banyak diadopsi di berbagai hidangan mulai dari ice cream, selai hingga roti. Tiramisu sendiri berasal dari Italia, rasa kopi dicampur dengan cream keju mascarpone. Nah berbeda dengan kue pada umumnya, tiramisu ini tidak melewati proses pemanggangan. Melainkan, biskuit yang disusun dan disiram dengan larutan kopi kemudian dibalut dengan cream keju mascarpone kemudian diulang hingga menjadi beberapa lapis.

7. Eton Mess

sumber: cookwithmands.com

Kudapan manis satu ini kiranya masih agak asing untuk orang Indonesia. Berasal dari Inggris, eton mess terbuat dari meringue, krim kocok dan buah-buahan, biasanya menggunakan buah strawberry. 

Sebenarnya masih banyak dessert ala Eropa yang bisa jadi jamuan untuk berbagai acara mu. Jangan lupa cobain ya.