bowl on red chilies

Ilustrasi Cabai (Sumber: unplash.com/grfxman)

Siapa disini yang suka banget makanan pedas? Yang belum lengkap kalau makan tanpa ada rasa pedas? Seperti hambar tak berasa. Siapa juga yang disini harus ada sambal untuk pelengkap setiap makanan?. Masakan pedas memang nagih dan nikmat, apalagi untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas pecinta pedas

Tau gak padahal rasa pedas itu gak ada loh. Rasa itu hanya ada lima, yaitu manis,asam, asin, pahit dan gurih atau umami. Terus rasa pedas itu apa? Rasa pedas sendiri merupakan sensasi panas atau terbakar yang berada di ujung saraf lidah atau dikenal sebagai papila.

Jika melihat definisi pedas agak menyeramkan ya, sensasi panas dan terbakar. Tapi kenapa sih banyak orang suka banget makan pedas, kan itu seperti siksaan bagi lidah? Dan biasanya setelah menyantap makanan makan pedas tubuh mengeluarkan keringat dan bibir hingga mulut terasa terbakar. Bahkan jika sudah sampai di puncak kepedasan hidung dan mata bisa berair.

Ternyata sensasi pedas ini mampu memunculkan tiga hormon sekaligus yaitu endorfin, anandamide dan adrenalin. 

Pertama, hormon endorfin, hormon ini dikenal sebagai hormon yang mampu melepaskan rasa stress dengan mengurangi rasa sakit di tubuh dan menimbulkan perasaan positif dan bahagia.  Anandamide berperan untuk memblok rasa sakit di tubuh, sehingga walaupun tersiksa saat makan pedas hormon ini bertugas untuk memblok rasa sakit itu. Kemudian, adrenalin, menimbulkan rasa semangat yang menantang. Tak heran, meskipun terkadang mengkonsumsi makanan pedas akan menyiksa tetapi membuat terus ketagihan.

Di Indonesia sendiri bukan hal sulit untuk menemukan masakan pedas. Hampir seluruh masakan tradisional Indonesia mengandung cabai. Misalkan cabai bukan bahan utama, pasti setiap sajian akan nikmat disantap dengan sambal. 

Nah untuk kamu pecinta pedas, ada nih rekomendasi masakan khas Indonesia yang sudah tak diragukan lagi kepedasannya dan bisa jadi cocok untuk catering di acara- acara yang akan kamu adakan. Mulai dari acara santai kumpul keluarga, kumpul bareng teman- teman, hingga acara formal seperti syukuran, pertunangan hingga pernikahan.

  1. Ayam Betutu

Ilustrasi Ayam Betutu (Sumber: resepumiku.com)

Panganan khas Bali ini terkenal dengan rasa yang pedas. Selain ayam, bisa juga diganti dengan bebek. Bumbu untuk ayamnya sendiri sudah cukup pedas berbahan dasar cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri,  ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas dan tambahan bumbu lainya. Tapi, meskipun sudah pedas, biasanya ayam betutu juga disajikan dengan tambahan sambal matah. Wah kalau ini sih, namanya double sensation.

2. Oseng- Oseng Mercon

Oseng Mercon foto resep utama

Ilustrasi Oseng Mercon (Sumber: cookpad.com)

Mercon sendiri maksudnya adalah sensasi meledak- ledak di mulut. Oseng- oseng mercon ini biasanya menggunakan daging sapi bisa juga dicampur dengan tetelan dan bagian tubuh lainya. Melihat warna dari makanan ini saja, kamu sudah bisa membayangkan sensasi pedas yang akan ditimbulkan. Karena tak tanggung- tanggung saat membuat oseng- oseng mercon, cabai yang digunakan biasanya sangat banyak.

3. Olahan Balado

25 Resep balado paling enak istimewa

Ilustrasi Dendeng Balado Petai (Sumber: instagram.com/indopasresep)

Olahan balado? Maksudnya semua bahan makanan yang dimasak dengan cara dilumuri sambal balado. Sambal khas tanah Padang ini, memang terkenal akan sensai pedas manisnya. Contohnya adalah ayam balado, telur balado, dendeng balado hingga jengkol balado dan masih banyak lagi. Meskipun warnanya merah menantang, olahan balado tetap nikmat disantap karena memiliki sedikit sensasi manis.

4. Rendang

Beef Rendang

Ilustrasi Rendang (sumber: omnivorescookbook.com)

Satu lagi panganan khas Pandang yang memiliki cita rasa pedas nikmat. Rendang sendiri pernah menjadi makanan ternikmat ke satu di dunia. Rendang sendiri memerlukan waktu lama untuk memasaknya dengan berbagai rempah- rempah dan santan, hingga bumbunya meresap sempurna hingga ke serat- serat daging.

5. Seblak

Resep Seblak Jeletet Super Pedas

Ilustrasi seblak (sumber: resepmantan.blogspot.com)

Perempuan sunda kalau sedang ngambek cukup ditraktir seblak aja, nanti juga reda ngambek nya, haha. Seblak makanan khas Jawa Barat ini memang terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Selain pedas yang bikin nagih dari seblak adalah rasa kencur dan bawang putih yang kuat. Sebenarnya bahan utama membuat seblak adalah kerupuk basah, tetapi saat ini sudah banyak dikreasikan dengan berbagai toping seperti kwetiau, mie, bakso, sosis hingga ceker.

Nah, tadi adalah beberapa olahan makanan pedas yang bisa jadi referensi makanan untuk acara- acara mu. Tetapi, meskipun kamu benar- benar pecinta pedas, saat menyajikan makanan untuk orang lain perlu diperhatikan. Karena setiap orang memiliki tingkat kepedasan yang berbeda.