Resep Cara Membuat Nastar Keju – Salah satu camilan paling populer adalah kue nastar. Kehadirannya banyak menghiasi ruang tamu dimanapun. Hal itu disebabkan karena cara pembuatannya yang tidak terlalu sulit dan bahan yang mudah didapat.

Nastar sangat mudah dibuat dengan aneka bahan yang sederhana. Pembuatannya cukup dilakukan di dapur yang sederhana dan alat seadanya. Berikut adalah bahan dan tahapan pembuatannya.

Bahan Membuat Nastar Keju yang Mudah Didapat

Untuk isian, kita membutuhkan :

  1. 250 gram gula pasir
  2. 4 buah nanas ukuran kecil (diparut atau diblender)

Untuk bahan olesan kita membutuhkan :

  1. 4 kuning telur
  2. 50 gram keju kraft cedar (diparut agak kasar)

Untuk kulit nastar kita membutuhkan :

  1. 100 gram margarin
  2. 250 butter
  3. 60 gram gula halus
  4. 200 gram keju kraft cheddar yang duparut halus
  5. 600 gram terigu protein sedang
  6. 2 sendok makan susu bubuk fullcream
  7. 4 butir kuning telur

Langkah & Cara Pembuatan Nastar Keju Kraft

Langkah Pembuatan Untuk Isiannya :

  1. Untuk isiannya masak nanas parut hingga air sari nanas meresap
  2. Lalu masukkan gula pasir secara bertahap
  3. Aduk terus hingga kering
  4. Angkat dan dinginkan

Langkah Pembuatan Untuk Kulitnya :

  1. Untuk kulit, aduk dan campur gula halus, margarin, dan butter dengan mixer.
  2. Aduk hingga warnanya memucat. Setelah itu masukkan kuning telur dan aduk kembali.
  3. Setelahnya masukkan setengah parutan keju kraft cheddar.
  4. Langkah setelahnya adalah memasukkan susu bubuk secara perlahan ke dalam adonan. Sembari itu aduk perlahan adonan menggunakan spatula.
  5. Setelah susu, giliran tepung terigu dicampurkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit sampai adonan kalis. Kemudian masukkan setengah lagi keju parut yang tersisa ke dalam adonan sembari diaduk.
  6. Setelah adonan kulit jadi, ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan lalu ambil isian dan bentuk menyerupai bola.
  7. Setelah semua adonan dibentuk bola, siapkan loyang yang telah diolesi minyak atau diberi alas kertas roti.
  8. Beri jarak antar nastar saat meletakkannya. Setelahnya, olesi nastar dengan kuning telur dan dilanjutkan dengan menabur parutan keju di atasnya.
  9. Lalu setelah itu nastar siap dimasukkan ke dalam oven. Seting suhu di angkat 180 derajat selama 25-30 menit.
  10. Saat matang nastar siap dihidangkan. Selain itu mastar juga dapat disimpan untuk dihidangkan di lain waktu. Karena teksturnya yang kering nastar dapat pertahan cukup lama.

Selain untuk camilan sehari-hari kue nastar juga sering dijadikan oleh-oleh dan souvenir di berbagai acara. Salah satu kue paling populer ini juga pas digunakan sebagai hadiah atau bingkisan seperti dalam isian kue tampah mini yang unik.

Beberapa kreasi nastar juga menggunakan beraneka ragam toping selain keju. Namun versi originalnya yang bertoping keju tetap menjadi favorit.

Selain membuat sendiri, nastar juga dapat kita beli di toko khusus kue maupun pasar tradisional. Karena murah, mudah dibuat, dan dijual dimana-mana, tak salah jika nastar begitu terkenal.

Namun walaupun terkenal awet, nastar tak boleh disimpan sembarangan. Setelah masak kue nastar harus didingankan sebelum dimasukkan ke dalam wadah kemasan.

Hal itu dilakukan agar nastar tak cepat tengik dan berjamur. Simpan di suhu ruangan yang kering dan tidak terkontaminasi oleh suhu ekstrim maupun kotoran.

Jauhkan kue nastar dari kondisi yang terlalu lembab. Jika sudah dibuka setelah disimpan pastikan nastar akan segera dihabiskan. Karena jika terlalu lama maka tekstur kue nastar agak berubah menjadi terlalu keras dan hambar. Untuk mengindari jamur pastikan memakai wadah yang tidak sekali pakai.

Demikian tahapan-tahapan dan resep cara membuat nastar keju kraft yang murah dan sederhana. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.