Resep Daging Sapi Lada Hitam – Olahan daging sapi menjadi salah satu hidangan yang banyak disukai masyarakat. Olahan dari daging sapi pun memberikan kesan mewah untuk sebagian masyarakat. Namun, dalam mengolah daging ini dibutuhkan keahlian agar daging dapat terolah dengan baik.

Daging sapi memiliki karakteristik yang tentunya berbeda dengan daging ayam. Jika daging ayam cukup mudah untuk diolah daging sapi bisa dibilang susah- susah gampang. Jika tidak tepat dalam mengolah daging sapi, bisa jadi daging yang kamu masak menjadi alot dan sulit untuk dikunyah. Tapi, jika kamu bisa memasak daging sapi dengan baik, jaminan tekstur yang lembut dan tidak memberikan perlawanan saat dikunyah.

Resep Daging Sapi Lada Hitam Super Empuk

Sebelum masuk ke resep olahan daging sapi, berikut ada tips bagaimana cara agar membuat daging sapi menjadi empuk ketika dimasak. Simak tips berikut ini ya.

  1. Menggunakan Parutan Nanas

Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelin yang dipercaya mampu membuat daging sapi menjadi empuk. Caranya adalah jika kamu memiliki 1 kg daging sapi mentah, maka kamu cukup menyiapkan sekitar 250 gram parutan nanas muda.

Setelah itu, parutan nanas muda dibalur ke seluruh permukaan daging sapi. Diamkan kurang lebih selama 45 menit. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan. Cara seperti ini cocok jika daging sapi akan diolah menjadi tumisan atau disayur. 

  1. 2. Bungkus dengan daun pepaya

Jika nanas memiliki enzim bromelin, maka daun pepaya memiliki kandungan enzim papain. Enzim papain inilah yang dipercaya memiliki kemampuan yang sama dengan enzim bromelin di dalam nanas dapat membuat empuk daging sapi.

Caranya adalah siapkan daun pepaya muda, dan remas hingga getahnya keluar. Siapkan daging sapi mentah, dan bungkus daging menggunakan remasan daun pepaya muda tadi. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci bersih daging sapi dan tiriskan. Cara seperti ini cocok jika kamu akan mengolah daging sapi menjadi steak dan sate.

  1. 3. Gunakan Buah Kiwi

Menggunakan buah kiwi mungkin terkesan asing, sama halnya dengan buah nanas dan daun pepaya. Buah kiwi memiliki kandungan enzim actinidin yang dipercaya memiliki kegunaan sama dengan enzim yang terkandung dalam buah nanas dan daun pepaya, mampu membuat empuk daging sapi.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meremas buah kiwi satu hingga dua buah sesuaikan dengan jumlah daging sapi yang kamu miliki. Biasanya untuk 1 kg daging, hanya memerlukan satu buah kiwi. Balurkan ke seluruh permukaan daging sapi. Dan tunggu hingga 1-2 jam. Setelah itu cuci bersih dan daging siap diolah.

Namun, dalam proses tersebut baik menggunakan nanas, daun pepaya dan kiwi, durasi untuk mendiamkan daging perlu diperhatikan. Karena jika terlalu lama, bisa jadi daging sapi bukan menjadi empuk justru menjadi hancur karena terlalu lembut.

Nah, sekarang ada salah satu resep daging sapi yang cara mengolahnya cukup mudah dan dijamin cocok di lidah banyak orang. Resep sapi lada hitam. Karena pengolahan daging yang satu ini menggunakan cara ditumis, maka untuk mendiamkan daging sebelum dimasak cara terbaik adalah dengan menggunakan parutan nanas muda.

Bahan & Bumbu Daging Sapi Lada Hitam

Resep ini untuk 500 gram daging sapi ya. Selama menunggu proses pengempukan daging sapi oleh parutan nanas muda. Siapkan bahan- bahan berikut ini:

  1. ¾ kol (potong-potong besar)
  2. 4 siung bawang putih (cincang kasar)
  3. 1 buah bawang bombay (potong memanjang)
  4. 1 buah paprika (potong memanjang)
  5. 1 ½ sdm kecap manis
  6. 1 sdm kecap asin
  7. 1 sdm minyak wijen
  8. 1 sdt lada hitam
  9. 1 sdt saus tiram
  10. 1 sdm maizena (larutkan dengan air)
  11. Air secukupnya
  12. Garam, gula, penyedap rasa secukupnya.
  13. Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
  14. Biji wijen secukupnya (opsional)

Cara Memasak Daging Sapi Lada Hitam Agar Empuk & Meresap

Berikut adalah step-step memasak:

  1. Cuci bersih daging sapi yang sudah didiamkan dengan parutan nanas. 
  2. Masukan 1 sdm kecap asin kedalam daging, dan diamkan lagi sebentar hingga meresap.
  3. Tumis daging sebentar, lalu sisihkan.
  4. Tumis bawang bombay, bawang putih dan paprika hingga harum.
  5. Masukan kecap manis, minyak wijen, dan saus tiram.
  6. Diberi air secukupnya.
  7. Masukan tumisan daging.
  8. Masukan potongan kol.
  9. Tambahkan gula, garam, penyedap rasa dan lada hitam.
  10. Masukan larutan maizena untuk mengentalkan air.
  11. Masak hingga matang.
  12. Sajikan dan beri taburan biji wijen di atasnya.